Berita Inforamsi Bola Terbaru 2021
Home Sitemap Cari disclaimer Contack Me  

6 Bahan Pengganti Sabun Cuci Piring yang Alami dan Praktis

Oleh : Rista Simbolon (Via Merdeka ) | Diterbitkan 1 month ago | Short link: https://lazoid.com/link/8379699

Bagikan Ke : Facebook Twitter


Merdeka.com - Bahan pengganti sabun cuci piring ternyata bisa dibuat menggunakan bahan alami. Memilih beralih dari sabun cuci piring kemasan ke bahan alami tentu menjadi salah satu langkah baik untuk membantu menjaga kesehatan lingkungan.

Sebab, sabun cuci piring kemasan biasanya dibuat dengan tambahan bahan kimia seperti natrium lauril sulfat yang dapat berisiko bagi lingkungan. Maka dari itu, dengan mengurangi penggunaanya maka akan sedikit membantu memperbaiki lingkungan.

Bahan alami yang bisa digunakan sebagai pengganti sabun cuci piring cukup banyak macamnya. Anda bisa persiapkan bahan pengganti sabun cuci piring tersebut dan sesekali menggunakannya.

Berikut Merdeka.com merangkum bahan pengganti sabun cuci piring alami yang bisa digunakan, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (9/6/2021):

1. Jeruk Nipis

©Pexels/Lisa Fotios

Jeruk nipis merupakan bahan yang umum digunakan dalam bahan pembuatan sabun cuci piring. Selain baunya yang segar, jeruk nipis juga dapat mengangkat lemak maupun minyak pada alat-alat makan dan alat memasak, sekaligus jeruk nipis dapat menghilangkan bau tidak sedap seperti amis apabila alat makan atau masak digunakan untuk memasak daging atau ikan.

Untuk menggunakan jeruk nipis secara langsung sebagai pengganti sabun, caranya dengan memotong jeruk dan peras airnya ke dalam air hangat. Larutan jeruk nipis tersebut langsung bisa digunakan menjadi bahan pengganti sabun cuci piring.

2. Garam Kasar

©2021 Merdeka.com/Alif Alim

Selain jeruk nipis, garam kasar rupanya juga bisa menjadi bahan alami pengganti sabun. Garam memiliki zat mineral yang ampuh untuk menyerap noda dan minyak yang berasal dari sisa makanan di piring maupun alat masak.

Jenis garam yang baik untuk digunakan sebagai bahan pengganti sabun cuci piring ini adalah jenis garam kasar. Kombinasikan garam dengan perasan air lemon untuk membuatnya ampuh menghilangkan kotoran di piring dan alat masak.

3. Belimbing Wuluh

©Tantri Setyorini

Siapa sangka jika belimbing wuluh bisa digunakan sebagai bahan alami pengganti sabun cuci piring. Belimbing wuluh sebenarnya juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan yang dimasukkan di pembersih porselen dan keramik.

Hal tersebut tentu membuat belimbing wuluh juga efektif menjadi bahan pengganti sabun cuci piring. Terlebih lagi jika piring atau alat yang dibersihkan terbuat dari keramik.

Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah. Hanya dengan mengupas belimbing wuluh, lalu gosok belimbing wuluh ke piring tersebut. Setelah itu dapat Anda diamkan dahulu selama beberapa menit. Lalu Anda tinggal dibilas dan piring dilap dengan kain bersih.

4. Baking Soda

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/jordache

Kotoran dan noda yang ada di piring juga bisa diatasi dengan menggunakan baking soda. Cara penggunaan baking soda untuk mencuci piring cukup dengan menggosok wajan maupun alat makan yang akan dicuci dengan baking soda dengan spons pada bagian kasarnya.

5. Cuka

©Snug Hug

Selanjutnya, cuka juga disebut bisa membantu menghilangkan kotoran di piring dan alat masak terutama yang berbahan dasar kayu. Selain karena cuka dapat membersihkan berbagai macam noda membandel pada alat masak, cuka yang diaplikasikan ke media berbahan kayu, dapat mencegah alat masak dari kuman dan bakteri yang menumpuk pada alat-alat masak dari kayu tersebut.

Cara penggunaan cuka tersebut terbilang cukup mudah, yaitu dengan merendam alat masak selama beberapa menit pada air panas yang telah diberi sedikti cairan cuka. Setelah itu sikat secara perlahan dan bilas dengan air bersih.

6. Lerak

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan lerak. Biji lerak dikenal akan kegunaannya sebagai deterjen tradisional. Biji lerak mengandung saponin, suatu alkaloid beracun, saponin inilah yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci, dan dapat pula dimanfaatkan sebagai pembersih berbagai peralatan dapur.

Untuk menggunakan lerak sebagai pengganti sabun cuci piring caranya dengan merebus buah lerak ke dalam air. Pada saat air rebusan lerak telah mendidih, matikan api, dan biarkan air rebusan sedikit mendingin. Setelah itu tiriskan lerak dan masukkan hasil rebusan tersebut ke dalam botol yang biasa Anda pakai untuk mencuci alat makan atau masak. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial supaya sabun lerak dapat memiliki aroma wangi.

[khu]


6 Bahan Pengganti Sabun Cuci Piring yang Alami dan Praktis | Bang Naga | on 2:03:12am Kamis 5 Agustus 2021 | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: 6 Bahan Pengganti Sabun Cuci Piring yang Alami dan Praktis
Description: 6 Bahan Pengganti Sabun Cuci Piring yang Alami dan Praktis
Alamat: https://lazoid.com/news/8379699.html
Artikel Terkait



                            Bea Cukai Terus Jalin Sinergi Dorong Ekspor

Bea Cukai Terus Jalin Sinergi Dorong Ekspor


Sumutkota.com ... Read More →













Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Latest Update


  • Nasional

    » Gempa Bumi Hari Ini

    menu


    Tempo LIPUTAN DAIRI CNN Zodiak
    © 2017 - 2021 lazoid.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

    DMCA.com Protection Status


    Page loads : seconds